Kuartal I, Ekonomi Indonesia Membaik

Kuartal I, Ekonomi Indonesia Membaik
Kuartal I, Ekonomi Indonesia Membaik
JAKARTA—Ekonomi Indonesia pada kuartal pertama mulai menunjukkan sentimen postif. Ini dilihat dari membaiknya kinerja stabilitas ekonomi makro di mana mayoritas nilai tukar regional terapresiasi, begitu juga dengan bursa.

“Inflasi tahunan Indonesia juga mengalami penurunan di posisi 7,3 persen, dan BI masih mempunyai ruang untuk menurunkan BI Rate,” ungkap Menkeu Sri Mulyani dalam rapat kerja (Raker) dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (13/5).

Dikatakannya, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2004-2008 tumbuh di atas lima persen karena didukung oleh konsumsi rumah tangga, ekspor, dan investasi. Untuk posisi kuartal I 2009, meski konsumsi melambat namun posisinya masih kuat. Demikian juga dengan penjualan motor dan mobil yang mulai naik.

Dari segi investasi di kuartal I, investasi masih tumbuh positif namun diperkirakan melambat pada kuartal II mengingat rendahnya impor barang modal pada kuartal I. Sedangkan ekspor turun -38,8 persen dan impor -38,3 persen.

JAKARTA—Ekonomi Indonesia pada kuartal pertama mulai menunjukkan sentimen postif. Ini dilihat dari membaiknya kinerja stabilitas ekonomi makro

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News