KUBE ‘Barokah’ Sukses Berdayakan Ekonomi Masyarakat Miskin

KUBE ‘Barokah’ Sukses Berdayakan Ekonomi Masyarakat Miskin
Kementerian Sosial RI membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) beranggotakan 5-20 Kepala Keluarga miskin yang masuk dalam Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu (DTPFMOTM). Foto: Humas Kemensos RI

jpnn.com, JAKARTA - Untuk mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat miskin, Kementerian Sosial RI membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

KUBE merupakan kelompok keluarga miskin Penerima Manfaat (PM) yang dibentuk, tumbuh dan berkembang guna melaksanakan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Tujuan KUBE untuk mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga miskin.

KUBE beranggotakan 5-20 Kepala Keluarga miskin yang masuk dalam Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu (DTPFMOTM).

Kepala Desa Kemutuk, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Siswanto menuturkan di wilyahnya terdapat KUBE “Barokah” berdiri sejak 2019.

“Pendirian diawali mengajukan proposal melalui Dinas Sosial Kabupaten Magelang serta memenuhi berbagai persyaratan administratif lainnya, Selasa (8/6/2021).

Memang, terdapat banyak proposal yang diajukan seperti Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), Sarana Lingkungan (Sarling) serta KUBE.

Di Desa Kemutuk, proposal dana yang diajukan KUBE yang oleh pengurus dibelikan sapi.

Untuk mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat miskin, Kemensos RI membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE). 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News