Kubu Jokowi Sulit Pilih Cawapres, JK Maju Lagi?

Kubu Jokowi Sulit Pilih Cawapres, JK Maju Lagi?
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. Foto: Juneka/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai hari ini masih belum memutuskan dan mengumumkan sosok yang menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampinginya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendtaang.

Ketua DPP Partai Gerindra Riza Patria mengatakan memang sampai saat ini kubu Jokowi masih kesulitan mencari cawapres untuk mendampingi sang petahana tersebut.

“Ya memang dari kubu Pak Jokowi sulit sampai hari ini mencari cawapres,” kata Riza di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (20/7).

Karena itu, Riza mengatakan masih ada pihak dari kubu Jokowi yang menginginkan Jusuf Kalla untuk menjadi cawapres lagi. Menurut dia, memang tidak salah kalau masih menginginkan JK sebagai cawapres Jokowi.

Sebab, jelas Riza, melihat Pilpers 2019 lalu, salah satu faktor peningkatan suara Jokowi karena hadirnya JK yang mewakili umat, Indonesia timur, pengusaha dan sebagainya.

“Jadi, sampai hari ini juga Pak Jokowi sulit mencari cawapres dan tidak salah kalau sebagian masih mendorong Pak JK,” ungkap anak buah Prabowo Subianto di Partai Gerindra itu.

Hanya saja, Riza mengatakan, undang-undang (UU) tidak memungkinkan presiden dan wapres yang sudah dua kali menjabat diusung kembali untuk masa jabatan periode berikutnya.

“Tidak bisa, Pak SBY tidak bisa (karena sudah) dua kali, Pak JK tidak bisa (karena sudah) dua kali,” katanya.

Sampai hari ini Pak Joko Widodo sulit mencari calon wakil presiden. Karena itu, tak salah kalau ada sebagian mendorong Jusuf Kalla maju lagi sebagai cawapres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News