Kucurkan Rp 42 Miliar untuk Lansia

Kucurkan Rp 42 Miliar untuk Lansia
Ilustrasi. FOTO: AFP

jpnn.com - SURABAYA - Pemkot Surabaya menaruh perhatian besar terhadap warga lanjut usia (lansia) kurang mampu. Tahun ini Rp 42 miliar akan dikucurkan untuk memberikan bantuan makan kepada lansia di 31 kecamatan se-Surabaya.

Berdasar data yang dihimpun dinas sosial, jumlah penerima makanan itu naik dari tahun ke tahun. Program yang dimulai pada 2012 tersebut disalurkan kepada 4.896 penerima. Lalu, bertambah menjadi 5.986 orang pada 2013 dan meningkat menjadi 7.750 orang tahun berikutnya. Pada 2015 tidak kurang dari 11.976 lansia akan diberi bantuan dana untuk makan mereka tiga kali sehari.

Tahun ini lelang untuk makanan lansia itu telah dimasukkan sistem lelang elektronik. Lelang makanan tersebut terbagi atas tujuh paket. Total seluruhnya lebih dari Rp 42 miliar.

Kepala Dinas Sosial Supomo menuturkan, bantuan makanan untuk lansia itu ditujukan kepada warga sepuh yang benar-benar miskin. Dalam banyak kasus, lansia miskin kerap tidak mendapat perhatian dari keluarganya dan harus tinggal seorang diri di rumah petak yang sempit. ''Dengan bantuan seperti ini, kebutuhan dasar mereka setidaknya bisa tercukupi,'' ujarnya.

Mantan camat Kenjeran tersebut menambahkan, bantuan dari pemkot itu sekaligus meringankan tanggungan tetangga lansia. Sebab, pemkot pernah menemukan lansia yang dibantu tetangganya. Padahal, para tetangga itu juga masih kerap kekurangan untuk mencukupi kehidupan sehari-hari. ''Bisa dibayangkan kalau si miskin membantu lansia yang miskin,'' terangnya.

Pemberian makanan untuk lansia itu melibatkan Karang Werdha di tingkat kelurahan. Merekalah yang menghimpun dan mewadahi kegiatan lansia itu. (jun/git/mas)

 


SURABAYA - Pemkot Surabaya menaruh perhatian besar terhadap warga lanjut usia (lansia) kurang mampu. Tahun ini Rp 42 miliar akan dikucurkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News