Kue Moci Maut Rusak Malam Tahun Baru: 2 Tewas, 13 Kritis

Kue Moci Maut Rusak Malam Tahun Baru: 2 Tewas, 13 Kritis
Kue moci. Foto: CBS

jpnn.com, TOKYO - Kue moci ini memang maut. Bukan karena rasanya yang mak nyus atau teksturnya yang kenyal-kenyal nggemesin. Tetapi, kue beras tersebut membawa petaka.

Betapa tidak. Dalam pesta pergantian tahun di Jepang, dua orang tewas karena keselek (tersedak) kue moci. Sedangkan 13 orang yang lain kritis.

Menurut pihak Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo, seluruh korban tewas atau kritis adalah lansia. Umurnya 50–90 tahun. Tetapi, beberapa di antara mereka adalah anak-anak.

Fuji TV melansir bahwa yang tewas adalah lelaki dari kawasan Ota dan Edogawa di Tokyo. Mereka sempat dilarikan ke rumah sakit, namun jiwanya tidak tertolong.

Sejatinya, pemerintah Jepang sudah mengunggah berbagai tip agar orang tidak tersedak moci. Baik berupa tulisan maupun ilustrasi.

Salah satu sarannya adalah memotong kue kecil-kecil, menepuk punggung korban, atau menggunakan penyedot debu untuk menarik kue moci yang nyangkut di tenggorok.

Tetapi, korban tetap berjatuhan. Menurut BBC, saat pergantian tahun 2014 ke 2015, sembilan orang tewas karena keselek kue moci. (sha/c4/dos)

 


Dalam pesta pergantian tahun di Jepang, dua orang tewas karena keselek (tersedak) kue moci. Sedangkan 13 orang yang lain kritis


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News