Kukuhkan 1.316 Wisudawan S1-S3, Untag Surabaya Bekali Keahlian Bersaing di Dunia Kerja

Kukuhkan 1.316 Wisudawan S1-S3, Untag Surabaya Bekali Keahlian Bersaing di Dunia Kerja
Wisuda ke-123 Untag Surabaya yang mengukuhkan sebanyak 1.316 wisudawan dari S1-S3 secara hybrid, Sabtu (25/9). Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 1.316 mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya diwisuda secara virtual, Sabtu (25/9). Kali ini, ribuan wisudawan itu dibekali keahlian untuk bersaing di dunia kerja. 

Rektor Untag Surabaya Prof Dr Mulyanto Nugroho mengatakan hampir setahun kampusnya menjalani perkuliahan online, tetapi tidak mengurangi kualitas wisudawan. 

"Kami bekali ribuan mahasiswa dengan wawasan kebangsaan. Harapannya mereka bisa menjadi lulusan yang bermanfaat karena lulus dengan kompetensi," kata Prof Mulyanto. 

Dia melanjutkan bahwa pihaknya sudah menerapkan merdeka belajar, sehingga wisudawan mampu menghadapi tantangan berbagai bidang di dunia kerja.

Pembekalan itu sudah diberikan sejak mahasiswa berkuliah semester awal. 

"Kami sudah mengenalkan potensi pengembangan karier mahasiswa, semester tiga dan lima mulai match dengan pekerjaan. Menjelang wisuda dikenakan tentang teknis, seperti pembuatan CV dan branding diri," ujar dia. 

Kondisi pandemi tak menghambat proses pembekalan tersebut, karena dilakukan secara daring.

Berbagai sesi dan pemateri didatangkan untuk memotivasi para mahasiswa dan meningkatkan daya juangnya.

"Masa tunggu lulusan pastinya berbeda dengan sebelum Covid-19, karena semua sektor terdampak. Akan tetapi, kami sudah menyiapkannya, sehingga paling lama dua bulan," jelas dia. 

Meski dilakukan secara hybrid, Mulyanto berharap para lulusan mempunyai karakter kampus merah putih yaitu jiwa patriotik. 

"Saya ucapkan selamat kepada mahasiswa, di tengah pembelajaran online tetap menorehkan prestasi akademik mau pun nonakademik pada tingkat sarjana, magister, dan doktor," ucap Mulyanto. 

Sementara itu, Ketua LLDikti wilayah VII Prof Suprapto menyampaikan wisudawan Untag Surabaya memiliki peningkatan kualitas setiap tahunnya. 

"Saya yakin Untag Surabaya telah menyiapkan lulusannya agar mampu bersaing di dunia kerja dan bermanfaat bagi lingkungannya," kata Suprapto. (mcr12/jpnn)


Sebanyak 1.316 wisudawan Untag Surabaya dibekali keahlian untuk bersaing di dunia kerja


Redaktur : Rasyid Ridha
Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News