Kukuhkan 32 Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal, Ini Pesan Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno

Kukuhkan 32 Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal, Ini Pesan Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno menyematkan pin kepada 32 pejabat pemeriksa keselamatan kapal (marine inspector) yang baru saja dikukuhkan pada Senin (4/9). Foto: Dokumentasi Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengukuhkan 32 pejabat pemeriksa keselamatan kapal (marine inspector) angkatan V dan VI di Aston Kartika Grogol Hotel & Cenference Center, Jakarta, Senin (4/9).

Pengukuhan 32 marine inspector tersebut bersamaan dengan diselenggarakannya Temu Teknis Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan.

“Saya percaya saudara akan dapat melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya,” kata Dirjen Hendro saat mengukuhkan ke-32 marine inpectors tersebut.

Kegiatan ini dilanjut dengan penyematan pin, penyerahan sertifikat dan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat tentang Pemeriksa Keselamatan Kapal SDP secara simbolis kepada tiga orang marine inspectors.

Dirjen Hendro menyampaikan dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa fungsi keselamatan pelayaran menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah pusat yang dipertanggungjawabkan kepada marine inspector.

Saat ini sudah ada 131 marine inspectors dari target sebanyak 159 orang.

"Hal ini akan menjadi tanggung jawab pemerintah pusat," tegas Dirjen Hendro.

Dirjen Hendro juga mengatakan dengan terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 17 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat didelegasikan untuk menyelenggarakan tugas dan fungsi keselamatan pelayaran di bidang sungai, danau dan penyeberangan (SDP) yang sebelumnya ada di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Ini pesan Dirjen Hubdat Hendro Sugiatno saat mengukuhkan 32 pejabat pemeriksa keselamatan kapal atau marine inspector pada Senin (4/9)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News