Kuman Berbahaya yang Bersembunyi di Gym

Kuman Berbahaya yang Bersembunyi di Gym
FOTO: Glamour Health

jpnn.com - Gym penuh dengan kuman.Kita semua tahu itu. Bahkan, hampir mustahil untuk menghindari kontak dengan mereka karena Anda menggunakan peralatan yang sama dengan anggota gym lainnya dan berkeringat di sepanjang hari.

Satu studi menemukan bahwa 63 persen dari permukaan peralatan olahraga yang Anda sentuh mengandung bakteri rhinovirus (alias penyebab flu biasa).

Ancaman yang lebih serius adalah bakteri yang disebut Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) jenis dari Staph yang resisten terhadap antibiotik yang umum digunakan.

“MRSA adalah bug super,” kata peneliti Elaine Larson, Ph.D., seperti dilansir laman Glamour, Rabu (16/9).

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, bakteri ini adalah 23.000 kematian setiap tahunnya. Dan salah satu zona panas baru untuk MRSA adalah gym.

Berikut adalah lima langkah penting yang harus Anda lakukan setiap kali Anda berada di gym:

1. Lap peralatan gym sebelum dan setelah digunakan

Jika Anda melihat tisu anti-bakteri berbasis alkohol di gym, sebaiknya Anda menggunakannya untuk mengelap permukaan peralatan gym sebelum Anda menyentuh mereka (untuk melindungi diri sendiri) dan juga setelahnya (untuk melindungi orang lain).

Tidak melihat tisu di sekitar gym? Apa pun yang Anda lakukan, jangan gunakan handuk untuk menyeka peralatan tersebut. Larson mengatakan handuk bisa dengan cepat menyebar bakteri karena kita juga menggunakannya untuk mengelap keringat kita sendiri.

Gym penuh dengan kuman.Kita semua tahu itu. Bahkan, hampir mustahil untuk menghindari kontak dengan mereka karena Anda menggunakan peralatan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News