Kumpulkan Pengusaha Jepang, Otorita IKN Paparkan Konsep Sustainable Forest City

Kumpulkan Pengusaha Jepang, Otorita IKN Paparkan Konsep Sustainable Forest City
Warga meminta konsep smart forest city benar-benar diterapkan di IKN Nusantara. Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, TOKYO - Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono mengajak pengusaha Jepang untuk berkolaborasi mewujudkan ibu kota berkonsep hijau atau ramah lingkungan pada acara "Briefing on Investment Opportunities in Nusantara" di Tokyo, Jepang.

Di hadapan perwakilan sejumlah perusahaan Jepang, Bambang menyampaikan perkembangan pembangunan IKN Nusantara yang mempertimbangkan aspek daya dukung sumber daya alam dan daya dukung lingkungan hidup.

“IKN Nusantara akan menjadi sustainable forest city pertama di dunia,” kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi mengatakan dari sudut pandang penggunaan energi, pembangunan IKN Nusantara akan tetap mengupayakan pembangunan kota hijau dengan pemanfaatan energi baru dan terbarukan.

“Kerja sama di sektor energi antara Indonesia dan Jepang harus terus ditingkatkan, utamanya terkait transisi energi sebagaimana telah dilakukan oleh salah satu perusahaan Jepang dan universitas di Indonesia,” ujar Heri.

Kepala Otorita juga bertemu dengan Wakil Menteri Infrastruktur, Lahan, Transportasi dan Pariwisata Jepang Yasushi Furukawa dan Wakil Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Yamada Junichi.

JICA dan kementerian Jepang itu menyambut baik ajakan untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan IKN Nusantara yang mengusung konsep hijau, menurut keterangan tersebut.

Selain kedua instansi, ajakan juga disampaikan kepada sejumlah perusahaan di bidang infrastruktur, seperti Japan Overseas Infrastructure Investment, Sumitomo Forestry, Nippon Koei, Taisei, Mitsubishi Heavy Industries dan Urban Renaissance.

Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono mengajak pengusaha Jepang untuk berkolaborasi mewujudkan ibu kota berkonsep hijau

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News