Kunjungan Kaisar Jepang Jadi Momentum Ganjar Menjajaki Peluang Kerja Sama

Kunjungan Kaisar Jepang Jadi Momentum Ganjar Menjajaki Peluang Kerja Sama
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ketika bersama Kaisar Jepang di Candi Borobudur. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebut Kaisar Jepang sangat takjub dengan Candi Borobudur. Baik dari segi sejarahnya, maupun filosofi dan teknologinya.

Hal itu diketahui Ganjar saat mendampingi Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito mengunjungi Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, Kamis (22/6).

Ganjar bersama Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji dan Tur Guide Mura Aristina berbincang dengan Kaisar Jepang sambil melihat detail candi yang tersusun rapi.

"Terkesan dari filosofinya, teknologinya, kemudian cerita yang diceritakan narasinya bagus banget tadi sangat terkesan sehingga banyak ekspresi yang saya lihat ‘wow, wow’. Jadi, itu pasti menunjukkan kesan yang hebat,” kata Ganjar dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Kamis.

Menurut Ganjar, kunjungan Kaisar Jepang Naruhito ke Candi Borobudur menunjukkan keakraban antara Indonesia dan Jepang, khususnya untuk Provinsi Jateng.

Ganjar pun menjajaki kerjas ama di berbagai bidang.

“Apakah diplomatiknya, politiknya, ekonominya, B2B-nya agar kemudian kita bisa memanfaatkan hubungan baik ini,” tutur Ganjar.

Saat mendampingi Kaisar Jepang, Ganjar juga turut berbincang dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji. 

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebut Kaisar Jepang sangat takjub dengan Candi Borobudur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News