Kunjungan Perdana ke Pyongyang, Presiden Korsel Bawa Boyband

Kunjungan Perdana ke Pyongyang, Presiden Korsel Bawa Boyband
PAMER KEAKRABAN: Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyapa warga Pyongyang, Selasa (18/9). Foto: AP

jpnn.com, PYONGYANG - Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in menciptakan sejarah. Kemarin, Selasa (18/9) dia menjadi presiden pertama Korsel yang menginjakkan kaki di Pyongyang, ibu kota Korea Utara (Korut), dalam satu dekade terakhir.

Selama tiga hari mulai kemarin dia dan rombongan dijadwalkan membahas banyak hal terkait unifikasi dua Korea.

’’Saya sudah lama menantikan momentum ini. Akomodasi yang kami berikan mungkin sangat biasa. Tetapi, ini adalah bentuk ketulusan kami,’’ ujar Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un saat mengantar Moon ke penginapan.

Bersama istrinya, Ri Sol-ju, Jong-un terus terlibat langsung dalam rangkaian acara penyambutan Moon. Bahkan sejak dari bandara.

Ketika pesawat kepresidenan Korsel mendarat di Bandara Internasional Sunan, Jong-un dan Ri yang sudah menanti pun segera menuju landasan pacu. Mereka berjalan menyusuri hamparan karpet merah.

Begitu Moon dan First Lady Korsel Kim Jung-sook keluar dari pesawat, Jong-un dan Ri menyambut dengan tepuk tangan. Dua pasangan penting Korea itu lantas berpelukan.

Ratusan warga dalam balutan busana tradisional hanbok ikut menyambut kedatangan Moon dan rombongan di bandara. Mereka melambai-lambaikan bendera Korut dan bendera unifikasi saat Moon dan Jong-un berjalan menuju tempat pertemuan di bandara.

Ri dan Kim Jung-sook yang berjalan di belakang suami masing-masing pun terlihat langsung cocok. Mereka bercakap-cakap sambil sesekali berbagi tawa. Mungkin mereka berbicara tentang profesi lama mereka sebelum menjadi ibu negara. Yakni, sebagai penyanyi.

Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in menciptakan sejarah. Kemarin, Selasa (18/9) dia menjadi presiden pertama Korsel yang menginjakkan kaki di Pyongyang

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News