Kunjungan Wisata Diprediksi Melonjak Usai PPKM, Sandiaga Minta Pelaku Parekraf Bersiap

Kunjungan Wisata Diprediksi Melonjak Usai PPKM, Sandiaga Minta Pelaku Parekraf Bersiap
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memprediksi akan ada lonjakan wisata yang luar biasa dari masyarakat seusai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Hal itu terjadi lantaran masyarakat sudah begitu lama berdiam diri di rumah dan membutuhkan suasana baru di tempat wisata.

"Alasannya karena sudah hampir satu bulan masyarakat melalui masa yang begitu berat dan ini terjadi di Eropa, Amerika Serikat, dan terakhir terjadi di India," kata Sandiaga dalam Webinar Optimisme Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #DiIndonesiaAja, Sabtu (7/8/2021).

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Sandiaga mengajak para pemangku kepentingan di ekonomi kreatif dan pariwisata untuk terus melakukan berbagai transformasi menuju digitalisasi. Sehingga diharapkan peran sentral dalam peningkatan pendapatan negara, sumber devisa, serta penyerapan tenaga kerja tidak terganggu.

"Sekalipun kunjungan wisatawan mancanegara saat ini belum bisa diharapkan namun kunjungan wisatawan Nusantara memiliki peluang sangat besar dan sangat diharapkan menghidupkan sektor parekraf," kata Sandiaga.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Juni 2021 sebanyak 140.850 atau menurun 10,04 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada Juni 2020.

Secara kumulatif pada Januari hingga Juni 2021, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 802.380 kunjungan atau menurun sebesar 74,33 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 3,13 juta kujungan.

Baca Juga: Mbak Farida Setiap Hari Buka Warung Sayur, Ternyata Cuma Kedok Belaka

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak para pemangku kepentingan di ekonomi kreatif dan pariwisata untuk terus melakukan berbagai transformasi menuju digitalisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News