Kunjungi Aceh Singkil, Menteri LHK Tampung Curhatan Warga

Kunjungi Aceh Singkil, Menteri LHK Tampung Curhatan Warga
Menteri LHK Siti Nurbaya saat mengunjungi Aceh Singkil. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, ACEH SINGKIL - Menteri LHK, Siti Nurbaya berkunjung ke Kecamatan Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh dan berdialog dengan masyarakat setempat.

Bertempat di halaman pendopo Kecamatan, Menteri Siti melihat dan mendengarkan langsung aspirasi masyarakat Pulau Banyak.

Aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada Menteri Siti antara lain adalah, terkait status kawasan hutan yang ada di beberapa pulau di Kepulauan Banyak.

Kemudian adanya aberasi pantai, konflik manusia dengan buaya, adanya penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) oleh kapal dari luar wilayah, perlindungan wilayah pendaratan tujuh jenis penyu, dan dukungan pengembangan ekowisata.

Terkait dengan status kawasan hutan konservasi di Kepulauan Banyak, masyarakat meminta kepada Menteri Siti untuk mengeluarkan beberapa kawasan dari status hutan konservasi.

Menyikapi hal tersebut, Menteri Siti akan mencermati sejarah penetapan kawasan dan akan memanggil Bupati dan Camat rapat di Jakarta untuk menemukan solusinya.

Sementara menunggu proses penyelesaian status kawasan hutan, Menteri Siti juga menyampaikan adanya kemungkinan untuk program Perhutanan Sosial di wilayah ini.

Menurutnya, penting untuk dipahami oleh masyarakat bahwa, kawasan hutan saat ini memang diberikan akses kelolanya untuk masyarakat kecil melalui program Perhutanan Sosial.

Kawasan hutan saat ini memang diberikan akses kelolanya untuk masyarakat kecil melalui program Perhutanan Sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News