Kunjungi BPS Sumsel, Herman Deru Ingin Pastikan Transformasi ke Data Digital Telah Dilakukan

Kunjungi BPS Sumsel, Herman Deru Ingin Pastikan Transformasi ke Data Digital Telah Dilakukan
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat mengunjungi kantor BPS Provinsi Sumsel untuk memastikan instansi tersebut telah melakukan transformasi dari data konvensional ke data digital, pada Selasa (18/4) siang. Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memuji jajaran Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel yang terus meningkatkan kinerja dan eksistensinya dalam pelayanan publik bagi pengguna data melalui layanan digital.

“BPS Provinsi Sumsel telah diakui KemenPAN-RB masuk dalam kategori pelayanan prima. Saya apresiasi jajaran BPS Sumsel telah bekerja dengan baik,” kata Herman Deru saat mengunjungi kantor BPS Sumsel, Selasa (18/4) siang.

Herman Deru mengaku sengaja datang langsung ke kantor BPS untuk memastikan instansi tersebut telah melakukan transformasi dari data konvensional ke data digital.

Terlebih pemerintah provinsi (pemprov) dan pemerintah kabupaten (pemkab) tanpa data yang benar tentu perencanaan dan pembangunan serta pengawasan sulit untuk dilakukan.

Bahkan organisasi perangkat daerah (OPD), lanjut Herman deru, dalam merencanakan pembangunan yang paling dibutuhkan awal adalah data.

Herman Deru menegaskan tanpa data yang benar bisa dipastikan akan salah sasaran.

“Anjangansana ke sini agar OPD tahu ada transformasi BPS dari konvensional menjadi digital sehingga kami tidak salah mengeksekusi dan mengawasi program tersebut dengan data juga," terangnya.

Herman Deru tidak memungkiri dari sekian banyak kesuksesan program yang diraih Pemprov Sumsel pada tingkat nasional dengan data yang benar.

Dalam paparannya, Kepala BPS Sumsel Zulkipli mengatakan kunjungan fisik di era digital sudah bukan lagi menjadi target capaian dari Pelayanan Statistik Terpadu (PST).

Dalam PST, jelasnya, kepuasan pengguna layanan mendapatkan informasi melalui online menjadi target capaian serta koleksi terdigitasi menjadi hal yang harus diutamakan.

Menurut Zulkipli, dengan berkembangnya era digitalisasi tidak menutup kemungkinan penyelenggaraan pelayanan publik dapat dilakukan, baik secara offline maupun melalui akses digitalisasi atau online.

“Transformasi pengelolaan PST sudah tidak bisa ditunda lagi, pelaksana layanan harus sudah beralih untuk mendigitalkan dan menginput setiap koleksi yang dimilikinya ke dalam database dan ditampilkan dalam layanan digital,” terangnya.

Dalam kunjungan kerja singkatnya ke kantor BPS Provinsi Sumsel, Gubernur Herman Deru memantau sejumlah ruangan, mulai dari pusat layanan yang ada di lobi utama.

Dilanjutkan ke lantai 4 termasuk ruangan Kepala BPS dan staf serta bagian basement gedung juga mendapatkan pemantauan langsung dari Herman Deru. (mrk/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Gubernur Sumsel Herman Deru mengunjungi kantor BPS Sumsel, ternyata ini tujuannya, simak selengkapnya


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News