Kunjungi Jayapura, Wamen ATR BPN Koordinasikan Pelaksanaan GTRA

Kunjungi Jayapura, Wamen ATR BPN Koordinasikan Pelaksanaan GTRA
Wamen ATR/Waka BPN, Surya Tjandra saat kunjungan ke Jayapura, Papua. Foto Kementerian ATR/BPN for JPNN.

jpnn.com, JAYAPURA - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Surya Tjandra mengunjungi Kabupaten Jayapura, Papua untuk menindaklanjuti pelaksanaan GTRA (Gugus Tugas Reforma Agraria) di wilayah Indonesia Timur pada Senin (19/10).

Pada kesempatan itu Surya Tjandra menghadiri kegiatan Musyawarah Pembangunan Suku Kemtuk dan Elseng yang juga merupakan Peringatan 7 Tahun Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura. hadir ketika itu Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Papua John Wicklif Aufa dan jajaran, serta Bupati Jayapura Mathius Awoitauw.

Bupati Mathius Awoitauw sata itu melaporkan bahwa Pemkab dan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura sedang merencanakan masa depan dengan melakukan perubahan untuk kemajuan daerahnya dengan Gugus Tugas Masyarakat Adat (GTMA).

Menurutnya, pemda dan masyarakat adat telah melakukan pemetaan wilayah adat di Kemtuk dan Elseng. Data itu akan terus pertajam dengan kerja sama dengan GTMA supaya ada kepastian hukum terhadap kepemilikan tanah.

Mathius Awoitauw juga menginformasikan kepada Wamen Surya bahwa mereka sedang merencanakan masa depan di atas tanah tersebut, sehingga hasil pemetaan ini nanti didaftarkan kepada negara.

"Bahwa pemilik tanah jelas di tanah ini, tanah ini bukan tidak ada orang, ada pemiliknya yang sanggup melakukan perubahan untuk kemajuan daerah ini," ucap Mathius Awoitauw.

Menanggapi hal itu, Surya Tjandra mengapresiasi terbentuknya GTMA. Inisiatif tersebut menurutnya akan mempermudah dalam melakukan koordinasi dan konsolidasi dari berbagai cita-cita bagaimana masyarakat adat bisa dilindungi, sekaligus bisa mendukung pembangunan. Hak-haknya diterima dan ruang hidupnya diberikan.

"Tetapi pada saat yang sama juga perlu diberdayakan, salah satunya melalui GTRA supaya masyarakat Kabupaten Jayapura tidak tertinggal dari yang lain," ucap Surya Tjandra.

Wamen ATR/BPN Surya Tjandra mengapresiasi terbentuknya Gugus Tugas Masyarakat Adat di Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News