Kunker ke PTFI, Tim KLHK & Bappenas Tanam Rumput Endemik di Ketinggian 4.300 Mdpl

Kunker ke PTFI, Tim KLHK & Bappenas Tanam Rumput Endemik di Ketinggian 4.300 Mdpl
Proses penanaman rumput endemik dechampsia klossii di area Batu Bersih Grasberg, pada ketinggian 4.300 mdpl. Foto: Humas PTFI.

jpnn.com - JAYAPURA - Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melakukan kunjungan kerja ke PT Freeport Indonesia (PTFI), beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungan itu, Tim KLHK dan Tim Bappenas memantau reklamasi dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PTFI.

Wakil Presiden Direktur PTFI Jenpino mengatakan kunjungan KLHK dan Tim Bappenas untuk melihat upaya pengelolaan lingkungan di kawasan pertambangan, sekaligus meninjau beragam program pemberdayaan masyarakat yang selama ini telah dilakukan PTFI.

"Kunjungan ini untuk melihat dari dekat upaya pengelolaan lingkungan di sekitar area pertambangan PTFI. Rombongan mengunjungi area Overlook Bunaken di ketinggian 4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl), area Batu Bersih di ketinggian 4.300 mdpl, dan area Napuan Overlook," kata dia.

Jenpino menjelaskan reklamasi kawasan sekitar arena penambangan merupakan kewajiban PTFI dalam menjalankan pertambangan yang berkelanjutan.

“Upaya reklamasi juga dilakukan di kawasan pesisir, yakni Muara Ajkwa, dengan penanaman mangrove agar dapat memberikan nilai tambah bagi lingkungan dan masyarakat," ungkapnya.

Jenpino menambahkan bahwa selain mengunjungi kawasan Grasberg, tim juga memantau area reklamasi di mile 21, melihat pemanfaatan lahan tailing untuk pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. 

"Tailing adalah pasir sisa tambang dari proses pengolahan batuan bijih," katanya.

Tim KLHK dan Tim Bappenas melakukan kunjungan kerja ke PT Freeport Indonesia. Ini sejumlah kegiatan yang dilakukan di PTFI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News