Kuota Haji Tahun 2023 Sebanyak 221.000, Yandri Susanto Bilang Begini

Kuota Haji Tahun 2023 Sebanyak 221.000, Yandri Susanto Bilang Begini
Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto menanggapi mengenai kuota haji 2023 untuk Indonesia. Simak penjelasannya. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto mengaku lega karena kuota haji Indonesia pada 2023 sebanyak 221.000 orang.

Dia pun mengucap rasa syukur atas capaian tersebut karena kuota haji tahun ini sudah kembali diangka normal.

“Allhamdulillah,” ujar Yandri.

Sebelumnya, tahun lalu kuota haji dari Indonesia dan negara lain dikurangi dengan alasan adanya pandemi Covid-19, sehingga aktivitas haji dibatasi.

Dengan angka 221.000 orang maka antrean umat Islam Indonesia naik haji kembali seperti sebelum wabah covid melanda.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu berharap normalnya kembali kuota haji bisa dimanfaatkan oleh pemerintah Indonesia dan penyelenggara haji untuk melayani para tamu Allah dengan sebaik-baiknya.

“Mereka sudah menunggu sejak lama atau tertunda karena Covid-19 maka oleh sebab itu layani para jamaah sebaik-baiknya,” tuturnya.

Dia menambahkan, kuota yang diberikan itu juga tidak mengenal batasan umur.

“Jadi, naik haji tahun ini bisa bareng keluarga,” ucap Yandri saat mengunjungi Pameran Haji dan Umrah 2023 di Jeddah Superdrome.

Dengan kuota sebesar itu, dia berharap antrean umat Islam yang ingin naik haji kembali normal bahkan menjadi lebih cepat.

Dirinya mempunyai harapan agar umat Islam Indonesia tidak hanya lebih banyak yang naik haji, tetapi waktu tunggu pemberangkatan juga semakin cepat.

Yandri Susanto pun memberikan apresiasi kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang bekerja keras untuk melobby pemerintah Arab Saudi agar kuota haji Indonesia kembali ke angka normal bahkan bila perlu ditambah.

Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto menanggapi mengenai kuota haji 2023 untuk Indonesia. Simak penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News