Kupu-kupu Jepang Terpapar Radiasi Nuklir

Kupu-kupu Jepang Terpapar Radiasi Nuklir
Kupu-kupu Jepang Terpapar Radiasi Nuklir
TOKYO -- Bencana nuklir reaktor Fukushima akibat gempa beberapa waktu lalu berakibat pada hewan di sekitar lingkungan. Paparan bahan radioaktif terlepas menyebabkan mutasi pada kupu-kupu yang ditemukan di Jepang.

Sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan menemukan peningkatan kaki, antena dan mutasi bentuk sayap kupu-kupu yang dikumpulkan setelah kecelakaan Fukushima 2011. Hubungan antara mutasi dan bahan radioaktif ditunjukkan oleh percobaan laboratorium.

Dua bulan setelah kecelakaan PLTN Daiichi Fukushima di bulan Maret 2011, tim peneliti Jepang mengumpulkan 144 kupu-kupu dewasa Zizeeria Maha dari 10 lokasi di Jepang, termasuk daerah Fukushima. Mutasi ternyata ditemukan pada kupu-kupu yang dikumpulkan dari lokasi yang berbeda.

Tim peneliti menemukan bahwa daerah dengan jumlah lebih besar terkena radiasi adalah rumah bagi kupu-kupu dengan sayap yang lebih kecil dan mata tidak teratur. "Telah diyakini bahwa serangga sangat tahan terhadap radiasi. Dalam hal ini, hasil kami adalah tak terduga," kata pemimpin peneliti Joji Otaki dari University of the Ryukyus, Okinawa. kepada BBC News.

TOKYO -- Bencana nuklir reaktor Fukushima akibat gempa beberapa waktu lalu berakibat pada hewan di sekitar lingkungan. Paparan bahan radioaktif terlepas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News