KUR TKI Minim, Disnakertrans Cuma Jadi Penonton

KUR TKI Minim, Disnakertrans Cuma Jadi Penonton
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - MATARAM – Penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) TKI di Nusa Tenggara Barat masih nihil. Perbankan yang ditunjuk sebagai penyalur masih kesulitan. Sebab, pengetahuan masyarakat tentang program itu masih minim.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB selama ini tidak pernah memberikan informasi kepada masyarakat tentang kemudahan pembiayaan untuk menjadi TKI melalui program pemerintah.

Yakni KUR dengan suku bunga hanya sembilan persen.  Selain itu Disnakertrans NTB sebagai leading sektor tenaga kerja selama ini hanya jadi penonton. 

Pimpinan BRI Cabang Mataram Jaya Hardana mengatakan, sebagai daerah yang menjadi basis TKI ke berbagai negara di dunia, ternyata tidak sebanding dengan kepedulian dan perhatian dinas teknis terkait.  

Terkait koordinasi dengan PPTKIS, Jaya Hardana menyebut pihaknya bersama dengan perbankan penyalur KUR TKI lainnya sudah melakukan komunikasi. Bahkan sudah bersurat kepada sejumlah perusahaan namun belum ada tanggapan.   

"Kesulitan perbankan, adalah calon TKI banyak belum tahu tentang KUR ini. Seharusnya juga dinas terkait memfasilitasi calon TKI dan perusahaan tenaga kerja untuk koordinasi dengan perbankan. Tapi selama ini tidak ada," jelas Jaya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTB Yusri meminta berbagai pihak untuk tidak menyalahkan perbankan terkait masih nihilnya realisasi penyaluran KUR TKI di NTB.  

Karena, kata Yusri, lembaga perbankan sudah sangat siap menyalurkan KUR TKI,. Namun hingga saat ini perusahaan yang diajak untuk bekerjasama belum ada respons.

MATARAM – Penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) TKI di Nusa Tenggara Barat masih nihil. Perbankan yang ditunjuk sebagai penyalur masih kesulitan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News