Kurang Tidur Pengaruhi Kualitas Sperma Pria

Kurang Tidur Pengaruhi Kualitas Sperma Pria
Kurang Tidur Pengaruhi Kualitas Sperma Pria
BERDASARKAN penelitian terbaru, ternyata kurang tidur pada pria dapat mengurangi jumlah dan kualitas sperma mereka. Para peneliti menemukan bahwa pria yang kurang tidur memiliki jumlah sperma yang lebih rendah, dan sperma yang terbentuk dengan benar juga lebih sedikit.

"Faktanya sekitar 20 persen dari semua pemuda, kualitas sperma mereka rendah karena kurang tidur. Hasil penelitian ini penting bagi kesehatan pria,"  ungkap para peneliti dilansir laman The Indian Express, Minggu (28/4).

Para peneliti menggunakan data dari 953 pria muda yang sebagian besar berada di akhir usia belasan dan awal 20-an. Mereka meminta orang-orang seberapa baik mereka telah tidur di 4 minggu sebelumnya. Kemudian dilakukan tes darah untuk mengukur kadar hormon dan analisis air mani mereka.

Hasilnya, sebanyak 15 persen dari pria mengatakan mereka telah sulit untuk tertidur dan 13 persen dari mereka melaporkan tidur gelisah. Secara umum, semakin buruk pria tidur, semakin buruk kualitas air mani mereka.

BERDASARKAN penelitian terbaru, ternyata kurang tidur pada pria dapat mengurangi jumlah dan kualitas sperma mereka. Para peneliti menemukan bahwa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News