Kurang Vitamin D, Gangguan Fisik Di Usia Tua Bakal Menghadang

Kurang Vitamin D, Gangguan Fisik Di Usia Tua Bakal Menghadang
Kurang Vitamin D, Gangguan Fisik Di Usia Tua Bakal Menghadang

APAPUN bentuknya, vitamin D merupakan salah satu suplemen yang anda perlukan untuk mempertahankan kesehatan tulang dan otot. Sebuah studi baru menemukan bahwa, kurangnya asupan vitamin D dapat berujung pada gangguan fisik ketika seseorang menginjak usia senja.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism ini mengungkapkan bahwa, lansia yang kekurangan vitamin D lebih sering mengalami sedikitnya satu gangguan fungsional, seperti tak bisa berjalan di dalam rumah sendirian, dibandingkan dengan orang-orang yang asupan vitamin D-nya memadai.

"Lansia yang kadar vitamin D-nya rendah, lebih cenderung mengalami keterbatasan mobilitas dan penurunan fungsi fisik dari waktu ke waktu. Lebih jauh lagi, lansia yang memiliki keterbatasan-keterbatasan ini, lebih sering berakhir di panti jompo dan menghadapi risiko kematian yang lebih besar," kata ketua tim peneliti dari VU University Sohl Medical Cneter, Belanda, Evelien Sohl, seperti dilansir laman CBSNEWS, Rabu (6/11).

Apalagi peneliti menemukan bahwa 90 persen lansia mengalami kekurangan vitamin D. Padahal vitamin D berfungsi membantu membentuk tulang dan otot serta mencegah efek penyakit tulang seperti osteoporosis.

APAPUN bentuknya, vitamin D merupakan salah satu suplemen yang anda perlukan untuk mempertahankan kesehatan tulang dan otot. Sebuah studi baru menemukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News