Kurangi Penggunaan Kertas, Danone Specialized Nutrition Raih Penghargaan

Kurangi Penggunaan Kertas, Danone Specialized Nutrition Raih Penghargaan
Pabrik Danone SN Indonesia. Foto: Danone

jpnn.com, PRAMBANAN - Pabrik Danone Specialized Nutrition Indonesia di Prambanan meraih ‘Paperless Award’ yang dilakukan oleh Tolson Consulting, sebuah perusahaan konsultan manajemen khusus dalam perubahan.

Penghargaan ini diberikan bagi perusahaan dalam upayanya menuju operasional tanpa kertas melalui solusi digital dalam bisnisnya.

“Kami berkomitmen menjalankan bisnis dengan memperhatikan faktor lingkungan dan sosial melalui usaha transformasi digital yang kami lakukan. Ini merupakan langkah maju dalam menjalankan bisnis secara berkelanjutan, ataupun kepedulian terhadap lingkungan yang sejalan dengan visi kami yakni One Planet One Health," ujar Joko Yulianto selaku Kepala Pabrik Danone SN Prambanan.

Dalam aspek keberlanjutan, inisiatif ini juga sejalan dengan komitmen kami untuk mencapai positive water impact di mana kami berkomitmen mengembalikan air lebih banyak dari pada yang kami gunakan di tahun 2030, dan menjadi perusahaan yang netral karbon pada 2050.

Dalam penghargaan ini, Danone SN Indonesia berhasil meraih predikat ‘Digital Tree’ dengan keberhasilannya dalam menjalankan operasional produksi tanpa kertas, sekaligus menerapkan sistem pemantauan yang terorganisir di 4 lini produksi/departemen Pabrik Prambanan, yang merupakan 24% dari total area produksi.

Menuju penerapan operasional produksi tanpa kertas yang menyeluruh, Danone SN Indonesia juga berhasil mencapai kemajuan yang signifikan dengan mengurangi penggunaan kertas sebesar 59,5% dari total produksi, menghemat 740 ribu liter air dan 398 kg CO2 per tahun.

Dalam konteks peningkatan kinerja, inisiatif ini juga berhasil mengurangi 1.308 jam kerja manual.

Aksi ini pun diharapkan dapat mendukung pencapaian SDGs Nomor 12, yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab

Danone SN Indonesia berhasil menduduki peringkat ketiga setelah Irlandia dan Polandia atas keberhasilannya menerapkan proses operasional tanpa kertas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News