Kurikulum Mangrove Karya Peneliti KLHK Raih Rekor MURI

Kurikulum Mangrove Karya Peneliti KLHK Raih Rekor MURI
Kurikulum Mangrove Karya Peneliti KLHK berhasil meraih Rekor MURI. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, CIREBON - Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Tematik Mangrove meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kurikulum ini tersusun atas kontribusi para pihak yang kompeten di bidangnya. Salah satunya adalah Dr. Hendra Gunawan, peneliti utama pada Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, yang berperan sebagai Ketua Tim dan Koordinator Penyusunannya.

Piagam MURI diserahkan oleh Senior Manager MURI, Yusuf Ngadri kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu dan PT. Pertamina Rafinery Unit (RU) VI Balongan, sebagai pihak yang memasukan kurikulum PLH tematik mangrove di sekolah dasar untuk yang pertama kalinya di Indonesia.

Penyerahan rekor MURI ini digelar dalam rangkaian kegiatan Coastal Clean Up Pantai Kejawanan, Cirebon, serta disaksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Jum’at (15/2).

“Tadi kita juga menyaksikan, bagaimana inovasi muncul di Indramayu  dengan buku kurikulum. Hal-hal seperti ini sungguh sangat membanggakan,” kata Menteri Siti dalam sambutannya. Keberhasilan Indramayu meraih MURI sangat diapresiasi oleh Siti. Dari peristiwa sulit yang dialami Indramayu, kemudian bisa dijadikan pembelajaran serta diwujudkan dalam kurikulum, “Ini kan keren banget!” pujinya.

Soal mangrove, lanjut Siti, tahun ini sangat penting menjadi program utamanya juga kementerian. Oleh sebab itu kehadiran kurikulum tematik mangrove ini sangat penting bagi Indonesia. Karena ini adalah instrumen dan sarana pendidikan.

“Artinya kita membangun generasi muda kita yang memahami lingkungan dan mencintai lingkungan,” imbuhnya.

Saat ditemui di sela-sela acara, Hendra menjelaskan bahwa keprihatinan atas semakin luasnya kerusakan hutan mangrove di Indonesia melatarbelakangi penyusunan kurikulum ini. Baginya, diperlukan lebih dari sekedar gerakan menanam.

Dr. Hendra Gunawan peneliti utama pada Badan Litbang dan Inovasi KLHK yang berperan sebagai Ketua Tim dan Koordinator Penyusunan Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup Tematik Mangrove.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News