Kurs Rupiah Hari Ini Anjlok Lagi, Makin Dalam

Kurs Rupiah Hari Ini Anjlok Lagi, Makin Dalam
Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore melemah 40 poin atau 0,26 persen ke posisi Rp 15.358 per USD. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore melemah 40 poin atau 0,26 persen ke posisi Rp 15.358 per USD.

Mata uang Garuda melorot dipicu pelaku pasar yang kini cenderung menghindari aset berisiko.

Rupiah ditutup melemah dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 15.318 per USD.

"Rupiah tertekan oleh sentimen risk off di pasar. USD masih menguat hari ini walau tidak besar," kata Analis DCFX Futures Lukman Leong di Jakarta, Selasa (11/10).

Menurutnya, penguatan USD terjadi karena investor khawatir tentang kenaikan suku bunga bank sentral AS, Federal Reserve (Fed), dan eskalasi dalam perang Ukraina.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS melonjak sebab suku bunga The Fed yang semakin tinggi dan kegelisahan pelaku pasar menjelang rilis data inflasi AS pada Kamis (13/10) yang dapat menentukan kenaikan suku bunga yang besar berikutnya oleh bank sentral pada pertemuan November mendatang.

Selain itu, pasar memperkirakan sekitar 90 persen peluang kenaikan suku bunga The Fed 75 basis poin bulan depan dan mencapai 4,5 persen pada Februari dan tetap di level tersebut pada sebagian besar tahun 2023.

"Sedangkan dari domestik, data penjualan ritel bulan Agustus mengecewakan, yaitu hanya mengalami pertumbuhan 4,9 persen, lebih rendah dibandingkan perkiraan untuk 8 persen dan 6,2 persen pada bulan sebelumnya. Hal ini menambah tekanan pada rupiah," ujar Lukman.

Kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore melemah 40 poin atau 0,26 persen ke posisi Rp 15.358 per USD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News