Kutai Timur Kekurangan Tenaga Kesehatan Nih, Berminat Nggak?

Kutai Timur Kekurangan Tenaga Kesehatan Nih, Berminat Nggak?
Ilustrasi. Foto: Bulungan Post

jpnn.com - SANGATTA – Jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Kutai Timur memang cukup besar. Berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat, jumlah tenaga kerja mencapai 488 orang.

Rinciannya ialah dokter yang berjumlah 36, bidan (152) dan perawat (303). Namun, fakta di lapangan menujukkan, belum semua tenaga kesehatan tersebut bisa mengakomodir kebutuhan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di 18 kecamatan.

Khususnya di Kecamatan Sandaran, Kaliorang, Karangan, Kaubun, Sangkulirang, dan Busang. Kadinkes Kutim Aisyah mengatakan, tidak semua Puskesmas memiliki tenaga kesehatan sesuai standar yang ditetapkan pemerintah.

Salah satunya, minimal dua dokter untuk setiap Puskesmas. Begitu juga halnya perawat dan bidan.  Akibatnya, pelayanan ke masyarakat pun  kerap kali kurang maksimal. “Jujur saja, tenaga kesehatan kami masih kurang. Khususnya untuk di pedalaman,”  ujar Aisyah, Selasa (22/12) lalu. (dy/jos/jpnn)


SANGATTA – Jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Kutai Timur memang cukup besar. Berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat, jumlah tenaga kerja


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News