Kwik Kian Gie: Seharusnya Bank Century Tak Diselamatkan

Kwik Kian Gie: Seharusnya Bank Century Tak Diselamatkan
Kwik Kian Gie bersaksi pada sidang kasus Bank Century sebagai Bank gagal berdampak sistemik Budi Mulya di Pengadilan Tipikor, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (12/5). Kwik menjadi saksi ahli pada sidang tersebut. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- Pengamat ekonomi Kwik Kian Gie, menilai, penyelamatan Bank Century dalam bentuk kucuran dana  dana talangan (bailout) senilai Rp6,7 triliun tak diperlukan.

Hal ini diungkapkannya dalam persidangan dugaan korupsi pemberian fasilitas jangka pendek dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik dengan tersangka Budi Mulya di Pengadilan Tindak pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (12/5) malam.

Kwik Kian Gie menilai pada 2008 silam, krisis di Amerika Serikat dan Eropa berdampak pada Indonesia tapi sangat kecil. Oleh karena itu, menurutnya, pemerintah tidak perlu bereaksi dan mengeluarkan kebijakan khusus untuk mengantisipasi krisis ekonomi. Data itu, kata Kwik, didapat setelah dirinya berkomunikasi dengan pengusaha menengah dan besar.

Krisis, kata dia, juga tidak berdampak signifikan yang bisa menghancurkan sistem Perbankan. Termasuk jika Bank Century ditutup. Menurutnya pada saat krisis itu tidak ada bank yang merasa gugup dan genting akibat dampak dari krisis tersebut.

"Jadi tidak ada indikator Bank Century harus diselamatkan,” kata Kwik dalam kesaksiannya di sidang terdakwa Budi Mulya.

Menurutnya, Bank Indonesia (BI) hanya menjadikan faktor psikologis sebagai alasan guna menyelamatkan Bank Century. Sebetulnya, kata dia, faktor psikologis harus menunjukkan bukti bahwa ada kegentingan dan kegugupan dari dunia usaha.

"Saya heran, faktor psikologis dijadikan alasan namun tidak pernah didiskusikan dengan ahli psikologi massa. Mengapa juga tidak pernah mencari pendapat pengusaha yang merupakan pelaku ekonomi,” papar Kwik.

Faktor psikologis, menurutnya tidak ada ukurannya. Maka saat faktor psikologis yang menjadi ukurannya akan menjadi perdebatan panjang. Dan itu terbukti hingga saat ini. Isu Century terus bergulir.

JAKARTA -- Pengamat ekonomi Kwik Kian Gie, menilai, penyelamatan Bank Century dalam bentuk kucuran dana  dana talangan (bailout) senilai Rp6,7

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News