KY Bentuk Posko Pengaduan di Daerah-daerah

KY Bentuk Posko Pengaduan di Daerah-daerah
KY Bentuk Posko Pengaduan di Daerah-daerah
JAKARTA - Komisi Yudisal (KY) terus melakukan terobosan untuk mengawasi kinerja lembaga peradilan di daerah-daerah. Kemarin (15/4) lembaga yang dipimpin Eman Suparman ini telah mendirikan posko pengawasan di 18 daerah.

"Posko ini elemennya adalah masyarakat sipil dan lembaga swadaya masyarakat (LSM)," kata juru bicara KY Asep Rahmat Fajar di Jakarta kemarin (15/4). Menurutnya, tugas posko tersebut adalah membantu mensosialisasikan semua yang berhubungan dengan KY dan memantau kinerja para hakim dan pengadilan di daerah.

Kata Asep, posko tersebut juga akan menerima segala bentuk pengadukan masyarakat tentang kinerja para hakim. Itu adalah upaya untuk memberikan kemudahan akses untuk masyarakat dalam dunia peradilan. "Kalau misalnya ada dugaan kuat hakim berbuat curang maka masyarakat bisa melaporkan ke posko," imbuhnya.

Sebelumnya pada sejak 2009 KY telah telah melakukan proyek rintisan (pilot project). Hasilnya, hingga 2010 lalu KY berhasil mendirikan sembilan posko pemantauan yang tersebar di beberapa daerah. Yakni Medan, Riau, Palembang, Surabaya, Samarinda, Makassar, Kendari, Denpasar, dan Mataram.

JAKARTA - Komisi Yudisal (KY) terus melakukan terobosan untuk mengawasi kinerja lembaga peradilan di daerah-daerah. Kemarin (15/4) lembaga yang dipimpin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News