Laba Bersih Amar Bank Diproyeksi Naik jadi Sebegini

Laba Bersih Amar Bank Diproyeksi Naik jadi Sebegini
Managing Director Amar Bank Vishal Tulsian. Foto dok Amar Bank

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) bersiap meraih pertumbuhan dan profitabilitas yang signifikan pada 2023.

Berikut ini beberapa poin penting berdasarkan laporan riset terbaru yang diterbitkan oleh PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (Reliance) pada 30 Mei 2023:

  • Kinerja Keuangan Meningkat Pesat dengan Momentum Kuat

PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) telah melaporkan kinerja yang mengesankan pada kuartal pertama 2023 dengan laba bersih sebesar Rp 34,4 miliar, menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan kerugian bersih sebesar Rp 8,8 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Keberhasilan Amar Bank dapat dikaitkan dengan penurunan beban bunga dan pertumbuhan deposito yang lebih tinggi melalui platform tabungan digitalnya yang menawarkan suku bunga lebih kompetitif.

  • Tunaiku Mendorong Pertumbuhan Pinjaman

Platform pinjaman digital AMAR, Tunaiku, telah berperan penting dalam mendorong pertumbuhan pinjaman, memberikan kontribusi 71,7% terhadap total pinjaman pada kuartal pertama 2023.

Reliance memproyeksikan pertumbuhan pinjaman sebesar 18,2% pada 2023, terutama didorong dengan potensi Tunaiku dan kolaborasi dengan Investree yang dapat memfasilitasi pinjaman yang lebih mudah bagi UMKM.

AMAR bermaksud untuk mengadopsi model kerjasama dengan Investree kepada perusahaan P2P lending lainnya, khususnya di bidang supply chain financing.

  • Kualitas Aset dan Posisi Modal yang Kuat

AMAR telah menunjukkan perbaikan dalam kualitas aset, dengan penurunan rasio Non-Performing Loan (NPL) yang turun menjadi 1,8% pada kuartal pertama dibandingkan dengan 2,3% pada periode yang sama tahun lalu.

Keberhasilan Amar Bank dapat dikaitkan dengan penurunan beban bunga dan pertumbuhan deposito yang lebih tinggi melalui platform tabungan digitalnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News