Laba PT Rukun Raharja Naik 3 Kali Lipat jadi Sebegini

Laba PT Rukun Raharja Naik 3 Kali Lipat jadi Sebegini
Laba bersih naik. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan Migas terkemuka, PT Rukun Raharja, Tbk (IDX: RAJA) merilis laporan keuangan tahun buku 2022.

Perseroan membukukan laba bersih USD10,83 juta, lebih besar secara signifikan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu USD3,39juta.

Jumlah tersebut naik lebih dari tiga kali lipat atau 319,5% secara year on year (yoy).

Pada laporan yang sama tersebut, perseroan membukukan pendapatan USD126,69 juta, naik 29 persen secara year on year (yoy) dari USD98,94 juta.

Direktur Rukun Raharja, Oka Lesmana menjelaskan kenaikan kinerja keuangan yang signifikan tersebut memperlihatkan salah satu upaya terbaik perseroan dalam melakukan ekspansi dan diversifikasi secara gencar di berbagai lini bisnis.

Semenjak 2021, perseroan telah melakukan investasi dalam bisnis Compressed Natural Gas (CNG), Water Treatment Plant, LPG Facility Terminal dan juga perseroan turut serta berpartisipasi dalam konsorsium Proyek Pipa Rokan.

Terkait kenaikan laba yang signifikan pada 2022, menurut Oka terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi di antaranya kontribusi dari Proyek Pipa Rokan.

"Proyek tersebut sudah memberikan kontribusi pendapatan semenjak Februari 2022, ditambah pendapatan investasi pada 2022 yang mengalami kenaikan, terutama karena pengaruh harga minyak mentah yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya sehingga kontribusi dari pendapatan investasi itu sendiri di tahun 2022 adalah sebesar USD6,98 juta, naik 227% secara year on year," jelasnya.

Terkait kenaikan laba PT Rukun Raharja yang signifikan pada 2022 terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News