Labu Siam dan Khasiatnya untuk Redakan Asam Urat

Labu Siam dan Khasiatnya untuk Redakan Asam Urat
Ilustrasi labu siam. Foto: Pixabay

jpnn.com - Konsumsi serat amat disarankan bagi penderita asam urat untuk memperlancar proses metabolisme tubuh. Sayuran hijau yang juga kerap disebut jipang ini rendah purin dan memiliki kadar serat yang baik bagi tubuh.

Itu sebabnya labu siam dianggap baik untuk dikonsumsi penderita asam urat.

Labu siam juga mengandung banyak vitamin serta nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B kompleks, dan vitamin B6 yang dapat membantu melancarkan proses metabolisme tubuh.

Selain itu, sayuran yang termasuk dalam family Cucurbitaceae seperti mentimun dan melon ini juga mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan zink. Berita baik lainnya, labu siam rendah kalori, sehingga aman dikonsumsi penderita asam urat.

Dilansir dari situs resmi Philippine Council for Health Research and Development, labu siam terbukti mampu menurunkan asam urat berdasarkan pengujian yang dilakukan pada hewan kelinci.

Penelitian dari Davao Medical School Foundation tersebut menginduksi hiperurisemia atau kadar asam urat dan memberikan labu siam untuk dikonsumsi. Setelah dianalisis kadar asam uratnya, penelitian yang dilakukan oleh Dr. Herminia B. Nartatez dan timnya ini mengonfirmasi bahwa terjadi penurunan kadar asam urat yang signifikan, yaitu mencapai 25 persen.

“Bisa dibilang, labu siam adalah salah satu obat herbal yang menjanjikan dan dapat digunakan penderita asam urat karena memiliki potensi manfaat bagi kesehatan,” ucap Nartatez.

Meski terbukti secara penelitian bisa menurunkan kadar asam urat, efek dari konsumsi labu siam bisa berbeda pada setiap orang. Bila Anda mengalami asam urat, tetaplah periksakan kondisi Anda pada dokter dan konsultasikan terlebih dahulu bila Anda ingin mengonsumsi labu siam sebagai salah satu upaya untuk menurunkan asam urat.(RVS/klikdokter)


ila Anda mengalami asam urat, tetaplah periksakan kondisi Anda pada dokter dan konsultasikan terlebih dahulu bila Anda ingin mengonsumsi labu siam sebagai salah satu upaya untuk menurunkan asam urat.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News