JPNN.com

4 Suplemen Ini Rentan Picu Asam Urat

Selasa, 12 Maret 2019 – 23:25 WIB 4 Suplemen Ini Rentan Picu Asam Urat - JPNN.com

jpnn.com - Pemenuhan nutrisi merupakan faktor penting untuk kesehatan tubuh. Namun, terkadang mencukupi nutrisi hanya dengan mengandalkan makanan saja tak cukup. Karenanya, tak sedikit orang menambahkan konsumsi suplemen dalam pola makan hariannya. Meski demikian, suplemen tak boleh dikonsumsi sembarangan. Pada penderita asam urat misalnya, beberapa suplemen tertentu diketahui rentan picu asam urat.

Jika Anda memiliki asam urat, ada banyak faktor yang harus diperhatikan – misalnya pola makan, termasuk pemilihan suplemen – agar gejala asam urat tidak terus-terusan kambuh.

Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, penyakit asam urat (gout) adalah kondisi terjadinya peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Kadar asam urat yang berlebihan akan membentuk kristal monosodium urat yang akan menumpuk di dalam tubuh, serta menyebabkan gangguan peradangan pada area persendian. Semua sendi di tubuh bisa terdampak asam urat. Namun, yang paling sering adalah sendi jari tangan, jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki.

Asam urat bisa terjadi akibat kandungan purin yang tinggi di dalam tubuh. Nah, purin tinggi biasanya merupakan kontribusi dari makanan.

“Makanan yang diketahui punya kadar purin tinggi adalah jeroan seperti ginjal, hati, dan ampela, seafood seperti kepiting, kerang, dan ikan teri, dan daging merah. Selain itu, minuman manis dan alkohol juga dapat menyebabkan peningkatan asam urat,” papar dr. Dyah.

Untuk penderita asam urat, waspadai jenis suplemen ini

Tak hanya dari makanan, jenis suplemen tertentu juga diketahui dapat memengaruhi asam urat. Berikut ini di antaranya:

1. Suplemen yang mengandung gula
Suplemen nutrisi tinggi gula, terutama suplemen yang mengandung fruktosa, bisa menyebabkan peningkatan kadar asam urat. Beberapa produsen suplemen menambahkan gula ke beberapa produknya untuk merangsang produksi energi.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...