Ladeni Spurs, Borussia Dortmund Usung Misi Wajib 3 Poin

Ladeni Spurs, Borussia Dortmund Usung Misi Wajib 3 Poin
Pierre-Emerick Aubameyang. Foto: from espn

jpnn.com, DORTMUND - Sebutan Raja di Fase Grup Liga Champions yang pernah disandang Borussia Dortmund sirna begitu saja. Ya, meski tak pernah juara sejak 1997, namun dalam empat partisipasi terakhirnya di fase grup, Dortmund selalu lolos dengan status juara grup. Namun, tidak musim ini.

Musim lalu Dortmund bahkan mencatatkan rekor jumlah gol terbanyak di fase grup dengan gelontoran 21 gol. Tetapi sang raja mulai tak berdaya. Alih-alih bisa memungkasi fase grup dengan status pemuncak klasemen. Tim berjuluk Die Borussen itu bahkan terancam gagal meraih tiket babak 16 besar.

Berat. Pasalnya, mereka baru mengantongi dua poin dari empat laga di Grup H. Upaya menambah poin pada matchday kelima di Signal Iduna Park Rabu (22/11) dini hari nanti juga sangat berat. Peter Bosz dan pasukannya harus menang saat menjamu Tottenham Hotspur.

Sebetulnya, asa Dortmund untuk meraih kemenangan pertamanya di Liga Champions musim ini cukup terbuka. Sebab, Spurs datang dengan kondisi mental yang sedang jeblok. Sabtu lalu (18/11), Hugo Lloris dkk dipaksa menyerah 0-2 dari Arsenal. Sialnya, Dortmund juga ikut-ikutan jeblok. Marcel Schmelzer dkk takluk 1-2 di kandang VfB Stuttgart pada hari yang sama.

Total, dalam empat laga terakhir di semua ajang, Dortmund sudah menelan tiga kekalahan dan sekali seri. Namun, gelandang Dortmund Mario Goetze dalam situs resmi Bundesliga menolak anggapan kalau timnya sedang krisis.

"Kalau melihat apa yang kami alami baru-baru ini, kemudian kekalahan di Stuttgart, itu jelas bukan satu hal yang kami harapkan,” tutur Goetze. “Ketika kami kalah lawan Stuttgart, kami kurang galak dalam menyelesaikan peluang,” ucap pahlawan Jerman di final Piala Dunia 2014 itu.

Dortmund sudah bisa menurunkan pemain paling produktif mereka, Pierre-Emerick Aubameyang. Ketika kalah dari Stuttgart, Aubameyang dihukum Dortmund. Sebab, dia membiarkan sahabatnya yang bukan pemain Dortmund Sean Garnier datang dan merekam proses latihan Dotmund. Cuma Aubameyang sendiri belum terlalu garang di Liga Champions musim ini. Penyerang asal Gabon tersebut baru mencetak satu gol.

Spurs sendiri berhasil mengalahkan Dortmund 3-1 pada pertemuan pertama di Wembley (13/9). Namun, penyerang Spurs Harry Kane mengatakan kepada Bild am Sonntag, hasil laga pertama tak bisa dijadikan referensi.

Borussia Dortmund terancam gagal meraih tiket babak 16 Besar Liga Champions.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News