Ladeni Watford, Manchester City Kehilangan Dua Otak

Ladeni Watford, Manchester City Kehilangan Dua Otak
David Silva. Foto: AFP

jpnn.com, MANCHESTER - Pundit Sky Sports, Jamie Carragher menyamakan duo Manchester City Kevin De Bruyne dan David Silva dengan duet Barcelona saat berjaya di era Pep Guardiola, Xavi dan Andres Iniesta. Nah apa jadinya jika De Bruyne dan Silva absen bersamaan dalam satu laga?

Itu yang harus dihadapi The Citizens saat menjamu Watford dalam pertandingan Premier League pertamanya tahun ini di Etihad, Rabu (3/2) dini hari. De Bruyne absen untuk kali pertama dalam Premier League musim ini karena terkena cedera lutut saat ditahan Crystal Palace 1-1, Minggu kemarin WIB (31/12). ''Kalau Silva, saya tak tahu kapan dia kembali. Kapan pun dia siap, dia akan come back,'' sebut Guardiola, dikutip Goal.

Silva sudah “menghilang” dari skuad City sejak boxing day lalu. Alasan personal setelah istrinya Melanie mengalami keguguran. Bahkan, Silva sempat absen di laga kontra Tottenham Hotspur (17/12), meski main 90 menit lawan Bournemouth (23/12).

Di Premier League, Silva sudah tiga kali absen dari komposisi Guardiola. Berbeda KDB, inisial nama De Bruyne. Dia baru dini hari nanti WIB absen di Premier League musim ini. Dan, jika Silva tidak kembali dini hari nanti WIB maka ini kali pertama Fernandinho dkk main tanpa dua otak permainannya sekaligus.

Karena itu tak ada salahnya jika menyebut musim Guardiola dalam Premier League kali ini baru dimulai dini hari nanti. Karena, ini tantangan Guardiola dalam mencari komposisi yang pas sebagai kreator permainan dari lapangan tengahnya.

Main tanpa Silva, City sudah kelihatan susah membongkar pertahanan lawan. El Mago Silva tipikal pemain penjelajah. Meski posisi aslinya di sisi kiri tapi dia mampu membongkar pertahanan lawan dari kedua sisi. Ketika keduanya main bareng, passing-passing pendek Silva dikombinasikan dengan crossing-crossing manis dan tembakan jarak jauh dari De Bruyne jadi awal serangan City.

Catat lagi, selain Leroy Sane, Silva dan De Bruyne merupakan tiga penyuplai assist City terbanyak. De Bruyne jadi yang terbanyak dengan sembilan assist. Sementara Silva dan Sane di angka delapan kali assist Premier League-nya. Cuma Kyle Walker, Raheem Sterling dan Sergio Aguero yang assist-nya mendekati ketiga pemain tersebut.

Meski, jumlahnya tidak lebih dari separo assist Silva dan Sane. Mereka hanya mengirim empat assist di Premier League. ''Kami sudah mempunyai standart permainan sendiri, dan kami pun tidak ingin standart itu turun. Siapa pun yang akan bermain, standart itu akan tetap terjaga,'' klaim Walker, bek kanan City, dikutip situs resmi klub.

Manchester City akan menjamu Watford di Etihad Stadium, Rabu dini hari nanti tanpa dua otak serangan mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News