Ladies, ini Cara Jitu Menunda Haid saat Menunaikan Ibadah Haji

Ladies, ini Cara Jitu Menunda Haid saat Menunaikan Ibadah Haji
Nyeri Haid. Ilustrasi. Foto WomCare

jpnn.com - Menunaikan ibadah haji merupakan dambaan bagi umat Islam.

Namun, jika bersamaan dengan tibanya siklus haid, Anda harus mengetahui hal-hal yang sepatutnya dilakukan, termasuk menunda haid – agar ibadah haji Anda bisa berjalan lancar.

Dalam menunaikan ibadah haji, umat Islam diharuskan melaksanakan enam tuntunan rukun haji yakni ikhram, wukuf, tawaf, sai, tahallul dan tertib.

Namun, dari 6 rukun haji tersebut, salah satunya tak boleh dilakukan saat sedang haid.

Untuk tetap bisa menjalankan keenam rukun haji tersebut, Anda bisa menundan haid. Tapi untuk menunda haid, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Selanjutnya, dokter akan menentukan obat yang cocok bagi Anda untuk menunda haid.

Untuk itu, pastikan Anda telah mempunyai catatan siklus haid selama tiga bulan terakhir. Hal ini untuk memudahkan dokter dalam menentukan kapan sebaiknya Anda mengonsumsi obat tersebut.

Ada dua macam pil kontrasepsi yang bisa dikonsumsi untuk menunda haid. Kedua jenis pil tersebut terdiri atas pil yang berisi dua hormon kombinasi estrogen dan progesterone, serta pil yang hanya berisi progesterone saja.

Namun, bagi Anda yang ingin menunda haid saat ibadah haji disarankan hanya mengonsumsi sebanyak 21 butir pil yang mengandung hormon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News