Lagi, Miras Oplosan Renggut Nyawa Dua Pemuda

Lagi, Miras Oplosan Renggut Nyawa Dua Pemuda
Lagi, Miras Oplosan Renggut Nyawa Dua Pemuda

jpnn.com - SIDOARJO - Sudah banyak nyawa yang melayang sia-sia karena minuman keras (miras) oplosan. Meski begitu, para jago minum yang lain seakan tak terepengaruh dengan hal itu. Buktinya, di Sidoarjo, dua orang kembali kehilangan nyawanya lantaran menenggak miras oplosan. Mereka adalah Rizal Zulmi, 27 dan Hariyanto, 25. Keduanya adalah warga Kepuh Kemiri, Kecamatan Tulangan Sidoarjo. 

Rizal dan Hariyanto masuk ke RSUD Sidoarjo secara berurutan pada Kamis (21/11) malam. Namun meski mendapat pertolongan intensif, nyawa kedua pemuda ini tak bisa selamatkan. Hariyanto meninggal pukul 21.00. Sedangkan Rizal meregang nyawa pada Jumat (22/11) dini hari sekitar pukul 00.30. 

Pihak rumah sakit menyimpulkan bahwa kematian dua orang itu disebabkan alkohol. "Dari rekam medis di UGD maupun ECU yang kami terima, keduanya mengalami intoksinasi (keracunan) alkohol," kata Kepala Ruang (Karu) Jenazah RSUD Sidoarjo Safuan Hadi.

Dari penuturan keluarga korban, sebenarnya Rizal dan Hariyanto berpesta miras pada Selasa (19/11) yang lalu. "Tapi efeknya baru dua hari kemudian," kata David Effendi, kakak Rizal.

Bahkan, pada Rabu hingga Kamis sore, Rizal masih menjalani aktivitas seperti biasa. Baru pada Kamis sekitar pukul 17.30, dia mengeluh pusing serta sesak napas cukup parah. Akhirnya, keluarga membawanya ke bidan desa. Namun, karena kondisinya cukup parah, dia dilarikan ke Puskesmas Tulangan.

Ternyata, puskesmas juga angkat tangan. Sampai akhirnya Rizal dirujuk ke RSUD Sidoarjo. "Namun, nyawanya tak bisa tertolong. Kami sangat kehilangan," kata David.

Keluarga Rizal sangat terpukul. Maklum, dia adalah tulang punggung keluarga. Rizal berprofesi sebagai pengelola armada dump truck pengangkut sirtu.

Keterangan serupa diutarakan keluarga Hariyanto. Namun, mereka belum berani menyimpulkan bahwa kematian pemuda itu disebabkan miras. "Memang saya dapat informasi seperti itu (kematiannya akibat miras, Red). Namun, saya tidak bisa menerka apa yang menjadi penyebabnya," kata Yadi, ayah korban. 

SIDOARJO - Sudah banyak nyawa yang melayang sia-sia karena minuman keras (miras) oplosan. Meski begitu, para jago minum yang lain seakan tak terepengaruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News