Lagi, Tiongkok Punya Kereta Tercepat di Dunia

Lagi, Tiongkok Punya Kereta Tercepat di Dunia
Foto : Daily Mail.
BEIJING - Belum setahun mengklaim sebagai pemilik kereta tercepat di dunia melalui CRH2, kemarin (27/12) Tiongkok kembali membuat dunia menoleh ke negerinya. Kali ini pemerintah Negeri Tirai Bambu itu meluncurkan kereta supercepat generasi terbaru kereta peluru tersebut, CRH380.

 

Kereta dengan kecepatan maksimal 350 kilometer per jam itu akan melayani jalur Beijing-Shanghai sepanjang 1.318 kilometer atau hampir sama dengan jarak Surabaya-Jakarta pergi-pulang. Jarak Beijing-Shanghai ditempuh CRH380 hanya dalam lima jam. Padahal, dengan layanan kereta yang ada sekarang, jarak tersebut dicapai dalam 11 jam.

 

Tidak hanya itu, jalur kereta cepat terpanjang di dunia juga dibangun di negeri tersebut. Pembangunan rel kereta berkecepatan tinggi itu memakan biaya hingga USD 32,5 miliar. Tiongkok mengejar target pembangunan rel kereta supercepat sepanjang 13.000 kilometer yang rencananya dibuka pada 2012.

 

Jalur kereta supercepat itu melewati tujuh provinsi dan sejumlah kota besar. Di antaranya, Tianjin, Hebei, Shandong, Anhui, dan Jiangsu. Rute tersebut juga menghubungkan dua zona ekonomi utama, yaitu Bohai dan Delta Sungai Yangtze. Selain itu, negeri tersebut berencana membuat teknologi kereta berkecepatan 500 km per jam pada tahun depan.

 

BEIJING - Belum setahun mengklaim sebagai pemilik kereta tercepat di dunia melalui CRH2, kemarin (27/12) Tiongkok kembali membuat dunia menoleh ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News