MSE Atasi Kecurangan Pemilu

MSE Atasi Kecurangan Pemilu
MSE Atasi Kecurangan Pemilu
BANDUNG - Kecurangan dalam sistem pemilihan umum di Indonesia masih saja terjadi. Bahkan untuk memutuskan suatu kemenangan dari para colon pun tak pelak harus sampai ke tingkat pengadilan. Padahal jika pemilihan umum dilaksanakan secara jujur dan adil hal tersebut seharusnya tak perlu lagi terjadi.

Untuk meminimalisir hal tersebut, dosen fisika dari Institut Teknologi Bandung(ITB), DR.Maman Budiman sebetulnya sudah merancang suatu mesin suara elektronik(MSE). Bahkan alat ini pun telah diuji coba dalam system pemilihan Ikatan Alumni(IA) ITB beberapa waktu lalu. Hasilnya menakjubkan. Tingkat error dan kecurangan nol persen.

“Kalau menggunakan system elektronik yakni komputerisasi memang sistemnya masih rawan dengan kecurangan. Contoh pemilukada di beberapa daerah pun masih rawan kecurangan, meskipun sudah menggunakan komputerisasi. Namun dengan MSE ini maka tingkat kecurangannya biasa ditekan nol persen,” ujarnya yang ditemui di ruang kerjanya, di Kampus ITB Fakultas Fisika, kemarin(7/12).

Mesin sederhana yang terdiri dari dua perangkat yakni control unit dan mesin suara itu bekerja layaknya mesin antri yang kita gunakan.

BANDUNG - Kecurangan dalam sistem pemilihan umum di Indonesia masih saja terjadi. Bahkan untuk memutuskan suatu kemenangan dari para colon pun tak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News