Lah, Kok Masih Banyak Pekerja yang Belum Punya KTP

Lah, Kok Masih Banyak Pekerja yang Belum Punya KTP
Ilustrasi. Foto:Indopos/ JPNN

jpnn.com - SANGATTA – Jumlah pekerja sektor perkebunan dan pertambangan di Kutai Timur yang belum memiliki KTP ternyata cukup banyak.

Dari seratus ribu pekerja, setengah di antaranya tak mempunyai KTP Kutim.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutim Januar mengatakan, kesadaran pekerja dan perusahaan memang rendah.

Karenanya, pihaknya akan mengoordinasikan masalah tersebut ke Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutim.

“Banyak pekerja itu tidak jujur, kemudian malas melaporkan diri ke RT dan pemerintah kecamatan setempat, atau ke sini (Disdukcapil). Tapi, tahun depan, kami akan coba lakukan pendataan kembali,” kata Januar sebagaimana dilansir laan Radar Kutim, Selasa (22/11).

Dia menambahkan, topografi dan geografis Kutim yang begitu luas menjadi salah satu kendala melakukan pendataan.

“Solusinya, peran RT sangat kami harapkan untuk rutin melakukan pendataan. Selain itu, program wajib lapor setiap 24 jam sekali ke RT, sepertinya memang penting kami hidupkan kembali, supaya kami tahu siapa penduduk yang masuk dan ke luar dari Kutim,” ujarnya.

Januar berencana membuat forum komunikasi khusus RT se-Kutim, yang memang mengurus masalah kependudukan.

SANGATTA – Jumlah pekerja sektor perkebunan dan pertambangan di Kutai Timur yang belum memiliki KTP ternyata cukup banyak. Dari seratus ribu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News