Lahan Sawah di Rejang Lebong Seluas 4 Ribu Hektare Hilang

Lahan Sawah di Rejang Lebong Seluas 4 Ribu Hektare Hilang
Lahan sawah milik petani di kawasan Musi Kejalo, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong yang belum beralih fungsi. Foto: Distankan Rejang Lebong

jpnn.com, REJANG LEBONG - Luas areal persawahan di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, terus menyusut.

Data terbaru dari Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) menyebutkan lahan sawah dari seluas 9.750 hektare kini tinggal 5.553 hektare atau ada sekitar 4 ribu hektare yang hilang.

Kepala Distankan Rejang Lebong Zulkarnain mengungkapkan berkurangnya luas areal persawahan di daerah tersebut akibat adanya kerusakan saluran irigasi.

Penyebab lainnya karena alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman dan usaha lainnya.

"Saat ini luas lahan baku sawah kita berdasarkan pengukuran dari Citra Satelit yang dilakukan BPN tinggal 5.553 hektare," sebut Zulkarnain.

Dia menjelaskan berkurangnya lahan persawahan ini dapat dilihat di wilayah Kecamatan Sindang Kelingi, di lokasi ini luasan sawah yang berubah fungsi mencapai 300 hektare.

"Ini terjadi karena jaringan irigasinya rusak, sehingga sawahnya berubah menjadi tanaman perkebunan," ungkapnya.

Zulkarnain menyebutkan penyebab lainnya penyusutan lahan pertanian karena daerah tersebut belum memiliki Perda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) sebagai lahan pertanian lestari.

Luas lahan sawah di Rejang Lebong terus menyurut. Data Distankan setempat menyebutkan lahan sawah sekitar 4 ribu hektare lahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News