Lahan Terbakar di Jambi, BPBD Lakukan Pemadaman Via Udara

Lahan Terbakar di Jambi, BPBD Lakukan Pemadaman Via Udara
Pemadaman karhutla via udara. Foto: sumeks.co.id

jpnn.com, JAMBI - Pemadaman via udara terhadap kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi terus dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga akhir pekan lalu.

Hal itu dimaksudkan untuk menjangkau titik api yang tidak dapat di jangkau petugas darat. Untuk Sabtu (29/9) saja, setidaknya ada dua titik api yang dipadamkan lewat udara.

Kepala BPBD Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah menyampaikan, untuk daerah tersebut adalah Bajubang dan Bukit Asam. “Sudah diboombing kedua tempat, satu sorter tiap tempat,” ujarnya.

Walau begitu, setelah dilakukan tahapan pemadaman udara Bachyuni menyebut pihaknya belum mengetahui luas yang terbakar. “Belum ada keterangan baru pemadaman saja dahulu,” ujarnya.

Untuk kebanyakan kawasan yang dipadamkan melalui helikopter boombing, Bachyuni menyebut merata. “APL, gambut dan mineral semua ada,” sampainya.

Sementara untuk luas kawasan hutan dan lahan yang telah terbakar hingga kemarin, Bachyuni menyebut sekitar 900 Hektar. “Luas terakhir ada sekitar 900 hektar,” tegasnya.

Sedangkan untuk menurunkan status musibah daerah, Provinsi Jambi dari siaga darurat bencana Karhutla, Kepala BPBD menyampaikan akan melihat kondisi hingga 20 Oktober mendatang.

“Karena BMKG menyebut situasi tidak menentu, nanti jika todak berubah akan kita perpanjang status siaga darurat ini,” paparnya.

Pemadaman via udara terhadap kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi terus dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga akhir pekan lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News