Lahar Dingin Tebar Ancaman

Ratusan Ribu Lahan Pertanian Hancur

Lahar Dingin Tebar Ancaman
Aliran lahar dingin membanjiri Sungai Code, terlihat dari Kelurahan Tegalpanggung, Danurejan, Jogja (5/11). Material yang berasal dari Gunung Merapi mulai mengalir bersama air hujan melalui sejumlah sungai di DIJ. Hermitianta/Radar Jogja
MAGELANG - Ancaman bahaya letusan Gunung Merapi terus mengkhawatirkan. Hujan dengan intensitas tinggi di atas gunung memicu luncuran banjir lahar dingin yang cukup besar. Banjir lahar dingin itu, kini mengancam ribuan warga yang tinggal di bantaran sungai.

Kemarin pagi (7/11) banjir lahar dingin dengan skala besar terjadi di Kabupaten Magelang, tepatnya di Kali Putih dan Kali Pabelan yang bersumber dari Kali Senowo. Akibatnya, sebuah rumah milik warga Pabelan Kecamatan Mungkid nyaris ambrol setelah pondasinya tergerus banjir.

Pemilik rumah Sigit Wibowo, 45, memilih mengungsi ke Semarang pascaluapan banjir lahar dingin kali pertama. "Pondasi rumah sudah roboh. Bahkan satu ruangan sudah tidak berbatasan lagi dengan sungai," kata Sigit, 40, warga setempat.

Hal serupa dialami rumah-rumah warga di bantaran Kali Putih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Sedikitnya ada lima rumah yang berdekatan dengan jalan utama Magelang-Jogjakarta yang nyaris ambles.

MAGELANG - Ancaman bahaya letusan Gunung Merapi terus mengkhawatirkan. Hujan dengan intensitas tinggi di atas gunung memicu luncuran banjir lahar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News