Laki-laki yang Baru Pulang dari India Ini Positif Terjangkiti Virus Corona

Laki-laki yang Baru Pulang dari India Ini Positif Terjangkiti Virus Corona
Petugas menunjukkan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi infeksi virus corona penyebab COVID-19. Foto: ANTARA FOTO/AJI STYAWAN

jpnn.com, JAKARTA - Seorang warga Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, yang sempat bepergian ke India, dinyatakan terjangkiti virus corona atau COVID-19 dan menjadi kasus ke-19 di provinsi itu.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumsel, Nur Purwoko Widodo, Selasa, mengatakan kasus 019 merupakan laki-laki berusia 48 tahun juga sempat berada di Jakarta sepulang dari India, pihaknya menyatakan kasus tersebut berstatus impor.

"Saat ini kasus 019 sudah di Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang," ujar Nur Purwoko di Palembang.

Hasil positif kasus 019 berdasarkan dua kali pemeriksaan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang, kasus 019 sempat melakukan isolasi mandiri namun mulai menunjukan gejala sehingga dirujuk ke RSMH Palembang. Sementara hasil tes swab terhadap tiga orang yang berkontak dengan kasus 019 menujukan hasil negatif.

Tambahan kasus 019 membuat Kabupaten OKI yang berstatus zona kuning memiliki tiga kasus positif COVID-19, tetapi seorang di antaranya telah dinyatakan sembuh dan pulang pada 11 April 2020.

Baca juga: Seorang PDP perempuan 24 tahun asal Musirawas Utara meninggal dunia

Nur Purwoko meminta masyarakat tetap tenang meski kasus menunjukkan peningkatan karena secara umum kondisi di Sumsel relatif masih terkendali dan belum memerlukan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB).

"Berdasarkan kajian epidiomologi, Sumsel belum butuh PSBB seperti Jakarta atau daerah lain, yang terpenting masyarakat selalu waspada dan ikuti anjuran pemerintah," tegas Nur Purwoko.

Seorang warga Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, yang sempat bepergian ke India, dinyatakan terjangkiti virus corona atau COVID-19 dan menjadi kasus ke-19 di provinsi itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News