Laksamana Madya TNI Nurhidayat Sebut Pengawak Alutsista TNI AL, Ada Apa?

Laksamana Madya TNI Nurhidayat Sebut Pengawak Alutsista TNI AL, Ada Apa?
Komandan Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat memeriksa pasukan upacara pelantikan dan penyumpahan siswa Dikmata TNI AL Angkatan XLI/1 di lapangan Kawah Candramuka Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal Juanda Sidoarjo, Jumat (7/1/2022). Foto: Foto: Dispen Kodiklatal

jpnn.com, SIDOARJO - Keberhasilan tugas TNI Angkatan Laut tidak hanya ditentukan kehebatan teknologi alutsista (alat utama sistem pertahanan), namun sangat bergantung juga pada keunggulan dan profesionalisme prajurit selaku pengawak alutsista TNI AL.

Demikian disampaikan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat pada upacara pelantikan dan penyumpahan siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLI/1 di lapangan Kawah Candramuka Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal Juanda Sidoarjo, Jumat (7/1/2022

Lebih lanjut Dankodiklatal menyampaikan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) menjadi bagian kebijakan utama pemimpin TNI AL.

Menurut Nurhidayat, setiap program pendidikan yang diselenggarakan, Kodiklatal terus  berupaya menghasilkan output prajurit matra laut yang profesional, yang memenuhi  standar kompetensi, memiliki  karakter  tangguh dengan mental kejuangan tinggi.

“Selain itu mampu menjawab setiap tantangan tugas ke depan yang makin kompleks dan dinamis serta siap ditempatkan, baik di satuan operasi KRI  dan  batalyon maupun di staf,” ujar Nurhidayat.

Siswa Dikmata TNI AL yang disumpah dan dilantik ini sebanyak 823 orang terdiri 300 orang Korps Pelaut, 250 orang korps Marinir dan 273 orang terdiri Korps Teknik, Elektronika, Suplai, Kesehatan, Jas, Musik dan Pomal.

Setelah upacara pelantikan dan penyumpahan selanjutnya para siswa ini akan menempuh Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan (Diksargolan) sesuai korps yang dimiliki di tiga Komando Pendidikan (Kodik) di bawah Kodiklatal.

Ketiga Kodik tersebut adalah Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) yang berlokasi di Ujung untuk korps Pelaut, Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) yang berlokasi di Gunungsari untuk korps Marinir, dan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) yang berlokasi di Morokrembangan untuk korps Teknik, Elektronika, Suplai, Korps Kesehatan, Jas, Musik dan korps Pomal.

Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat menyebut pengawak Alutsista TNI AL pada upacara pelantikan dan penyumpahan siswa Dikmata TNI AL, kemarin. Ada apa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News