Lakukan Kajian Mendalam, INACA Susun White Paper Industri Penerbangan Nasional

Lakukan Kajian Mendalam, INACA Susun White Paper Industri Penerbangan Nasional
Beberapa pesawat sedang terparkir. Foto Ilustrasi/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - National Air Carriers Association (INACA) saat ini tengah menyelesaikan white paper industri penerbangan nasional.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja menjelaskan dalam penyusunan white paper ini, pihaknya telah melakukan kajian yang mendalam dan bekerja sama dengan para akademisi perguruan tinggi, serta didukung oleh Kementerian dan lembaga terkait industri penerbangan nasional.

"White paper ini adalah rilis resmi INACA berisikan tentang proyeksi kapan penerbangan nasional akan pulih seperti keadaan normal sebelum pandemi terjadi,” kata Denon.

CEO Whitesky Aviation ini menambahkan, penyusunan telah dimulai sejak akhir tahun lalu dan melakukan tiga kali Focus Group Discussion (FGD), yang mengundang para ahli di bidangnya.

Pada FGD sesi pertama menghadirkan Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo.

Lalu ada perwakilan dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan yang membahas tentang sejauh mana penanggulangan Covid-19 dilakukan dan juga pendistribusian vaksin.

Pada FGD berikutnya, kata Denon, menghadirkan pembicara dari Kementerian Koordinator Perekonomian dan Kementerian Keuangan, yang membahas tentang stimulus perpajakan dan bantuan pemerintah untuk sektor transportasi udara.

Sedangkan pada FGD sesi ketiga menghadirkan pembicara dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri dengan pembahasan seputar masalah transportasi, perizinan di daerah dan juga kerja sama pernerbangan dengan negara lain.

Nanti akan dibacakan kesimpulan dari para pembicara kapan kondisi dunia penerbangan nasional akan kembali normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News