JPNN.com

Ketua INACA Imbau Masyarakat Tidak Perlu Khawatir Naik Pesawat di Masa New Normal

Jumat, 07 Agustus 2020 – 04:33 WIB
Ketua INACA Imbau Masyarakat Tidak Perlu Khawatir Naik Pesawat di Masa New Normal - JPNN.com
Ketua Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja mengajak masyarakat untuk tidak takut berpergian, khususnya dalam menggunakan pesawat terbang di masa new normal.

Menurut Denon, saat ini masih ada ketakutan masyarakat untuk berpergian maupun liburan lantaran takut tertulari Covid-19 saat berada di bandara maupun pesawat.

"Tidak dipungkiri bahwa saat ini ada sebuah persepsi di tengah masyarakat yang harus diluruskan, yaitu kekhawatiran yang menyebutkan bahwa terdapat risiko besar terjadinya penularan Covid-19 saat kita berpergian dengan menggunakan pesawat. Padahal hal tersebut kurang tepat, hal ini didasari penelitian dari Penasehat Medis dari Internasional Transport Association (IATA) bernama Dr. David Powell, yang menyebutkan bahwa sangat kecil terjadinya penularan virus Covid-19 di dalam pesawat," seru Denon di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (6/7).

"Penelitian tersebut diawali dengan menanyakan kontak medis dari 18 maskapai atau sekitar 14% global traffic tentang kasus dugaan transmisi Covid-19 dalam penerbangan. Hasilnya tiga kejadian diduga penumpang ke crew, empat kejadian pilot ke pilot, tetapi waktunya tidak diketahui dan yang terakhir tidak ada kejadian penumpang ke penumpang," imbuh Denon.

Tak sampai di situ, Dr. David Powell juga melakukan pemeriksaan yang lebih rinci terhadap empat maskapai dengan tindak lanjut kesehatan masyarakat dari 1.100 kasus yang dikonfirmasi pasca-penerbangan dan hasilnya tidak ada kasus sekunder yang diketahui di antara penumpang lain dan dua kejadian dari kemungkinan kasus crew.

Dari hasil tersebut Dr. David Powell membuat sebuah analisa untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 saat di dalam pesawat yang dibagi menjadi tiga hal.

Yaitu penanggulangan di cabin pesawat, penumpang dan sirkulasi udara di dalam pesawat.

Pada cabin, ada pembatasan interaksi face to face dan menyediakan pembatas antar baris pada kursi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy