Langkah Kementan Mendorong Pangan Lokal Masuk Perhotelan

Langkah Kementan Mendorong Pangan Lokal Masuk Perhotelan
Kementerian Pertanian (Kementan) bersama perusahaan hotel Accor Indonesia-Malaysia menyepakati kerja sama gerakan konsumsi pangan lokal. Foto: Kementan

jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama perusahaan hotel Accor Indonesia-Malaysia menyepakati kerja sama gerakan konsumsi pangan lokal.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan upaya tersebut menjadi bagian dari cara pemerintah dalam menghidupkan perekonomian nasional melalui sektor konsumsi pangan lokal.

"Kami tahu bahwa kita punya singkong, ubi kayu, pisang, sagu, sorgum dan lainnya. Semua panganan lokal ini bisa kita manfaatkan untuk menghadirkan lapangan kerja dalam memperbaiki ekonomi nasional," ujar Syahrul di Bandung, Sabtu (22/5).

Dia mengatakan sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang paling berperan dan berkontribusi besar terhadap perbaikan ekonomi. Oleh karena itu, membangun pertanian harus dilakukan bersama, termasuk para pelaku usaha.

"Kita (petani, red) ialah kesatria dan pahlawan bangsa karena sudah berkorban menghadirkan makanan yang sehat dan bergizi. Maka itu, harus terus berjuang menghadirkan pangan bagi 270 juta orang. Mumpung diberi kekuatan, diberi sedikit kekuasaan kenapa tidak kita berjuang untuk bangsa," katanya.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Suwandi mengatakan saat ini ada ribuan hotel dibawah grup Accor yang siap memasukkan menu makan lokal sebagai makanan andalan bagi tetamu yang datang.

"Bahkan Accor di dunia ini lebih dari 5.000 hotel. Jadi langkah pertama kita adalah memasukkan produk pangan lokal ke hotel hotel Accor. Dan semua ini sudah kita mulai di Semarang dan akan merambat ke hotel Accor lainya," katanya.

Suwandi menjelaskan panganan lokal yang nantinya masuk ke hetel diantaranya, olahan dari tepung mocaf, minuman bandrek, bajigur, dan sekoteng. Semua makanan tersebut merupakan hasil penyerapan dari petani.

Kementerian Pertanian (Kementan) bersama perusahaan hotel Accor Indonesia-Malaysia menyepakati kerja sama gerakan konsumsi pangan lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News