Langkah Satgas Menyikapi Tingginya Frekuensi Perjalanan Internasional

Langkah Satgas Menyikapi Tingginya Frekuensi Perjalanan Internasional
Frekuensi penerbangan internasional selama pandemi. Ilustrasi Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Hery Trianto menyebut frekuensi kedatangan pelaku perjalanan internasional ke Indonesia cukup tinggi belakangan ini.

Pekan ini saja ada 22 sampai 28 penerbangan internasional yang masuk ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Hari ini ada 28 penerbangan dengan 3.400 penumpang," kata Hery dalam diskusi berjudul Kupas Tuntas Prosedur Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri yang disiarkan virtual, Kamis (23/12).

Dia pun menyebut Satgas Penanganan Covid-19 sudah menerapkan berbagai tes bagi pelaku perjalanan internasional yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Setidaknya ada 13 tes yang dilalui pelaku perjalanan internasional dan efektif menekan penularan virus SARS-Cov-2 di masyarakat.

Dua hari lalu Satgas mendapatkan 17 pelaku perjalanan internasional pengguna Turkish Airlanes yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurut Herry, mereka yang terkonfirmasi positif langsung diisolasi di Wisma Atlet, Kemayoran sebelum bisa beraktivitas di Indonesia.

"Tes yang dilakukan terbukti efektif melakukan screening," kata dia

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Hery Trianto menyebut frekuensi kedatangan pelaku perjalanan internasional ke Indonesia cukup tinggi belakangan ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News