Langkah Strategis Instagram Tangkal Penyebaran Hoaks Corona

Langkah Strategis Instagram Tangkal Penyebaran Hoaks Corona
Ilustrasi Instagram. Foto: pixabay

jpnn.com - Platform berbagi konten video dan foto, Instagram, akan mengambil langkah tegas untuk mengurangi penyebaran hoaks yang berkaitan dengan virus corona atau Covid-19.

"Kami akan menghapus semua informasi tidak benar atau menolak semua yang mengklaim dapat memprediksi mengobati, atau obat-obatan yang dapat menyembuhkan virus corona," tulis Instagram seperti dilansir Engadget, Sabtu (14/3).

Kemudian Instagram juga akan memfilter hashtag atau tagar virus Corona yang ada di Instagram. Untuk menghindari pemberitaan hoaks, tagar akan dialihkan ke konten yang bersumber dari sumber terpercaya seperti WHO, CDC, dan otoritas kesehatan setempat.

Instagram juga akan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk pengecekan informasi yang salah. Informasi yang tidak benar itu akan ditandai dengan label misinformasi.

Seperti Facebook dan jejaring sosial lainnya, Instagram akan memblokir iklan-iklan yang memanfaatkan situasi ini. Tidak hanya itu, tagar yang menyebarkan misinformasi juga akan diblokir.

Untuk memudahkan pengguna dalam mengakses informasi corona yang akurat dan cepat, Instagram akan menampilkan feed terkait di bagian atas layar.

Feed tersebut nantinya akan berisi perkembangan terkini wabah corona di negara setempat, juga informasi terkait lainnya.

Instagram kabarnya akan menghilangkan efek augmented reality (AR) terkait virus corona, kecuali untuk efek AR yang dibuat melalui kemitraan dengan organisasi kesehatan resmi.

Platform berbagi konten video dan foto, Instagram, akan mengambil langkah tegas untuk mengurangi penyebaran hoaks yang berkaitan dengan virus corona atau Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News