Langsung Siapkan Seribu Kursi Haji untuk Lansia

Langsung Siapkan Seribu Kursi Haji untuk Lansia
Langsung Siapkan Seribu Kursi Haji untuk Lansia
JOGJAKARTA - Banyaknya alokasi jamaah haji lansia yang tidak terserap karena yang bersangkutan belum siap, dibuat pelajaran oleh Kementerian Agama (Kemenag). Mereka tidak lagi memberikan alokasi porsi haji kepada lansia di akhir-akhir masa pelunasan. Sebaliknya, porsi haji untuk lansia sudah dialokasikan di depan.

Ditemui usai mengikuti rangkaian pegelaran festival seni keagamaan Hindu di Jogyakarta kemarin (27/9) Menag Suryadharma Ali menuturkan, memberikan alokasi porsi kepada jamaah haji lansia di akhir memang beresiko besar tidak terserap. "Tapi berbeda jika kuota porsi ini sudah kita persiapkan sejak awal," katanya.

Dengan memberikan alokasi porsi haji kepada calon jamaah haji usia lanjut ini, menteri yang akrab disapa SDA itu optimis akan terserap lebih optimal. Perkiraan ini muncul karena calon jamaah haji usia lanjut memiliki waktu yang lebih panjang untuk persiapan. Diantaranya persiapan uang untuk melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH).

SDA lantas mengatakan, tahun depan dia memperkirakan alokasi porsi haji untuk usia lanjut mencapai seribu kursi. "Angka ini kita dapat dari rata-rata porsi haji yang tidak terserap setiap tahunnya," jelasnya. Menteri yang juga ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menjelaskan, pengalokasian porsi haji untuk lansia ini tidak mengambil porsi tetap tahun berjalan.

JOGJAKARTA - Banyaknya alokasi jamaah haji lansia yang tidak terserap karena yang bersangkutan belum siap, dibuat pelajaran oleh Kementerian Agama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News