Lantik Dekopi, Kinerja Menteri Amran dipuji Ketua MPR

Lantik Dekopi, Kinerja Menteri Amran dipuji Ketua MPR
Pelantikan pengurus Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI). Foto: Human Kementan

jpnn.com, SERPONG - Kementerian Pertanian tahun 2018 telah mencanangkan tahun perbenihan dimana pemerintah fokus kepada tanaman perkebunan yang mempunyai nilai ekspor tergolong tinggi.

Hal ini disampaikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam sambutannya ketika melantik pengurus Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI).

Kepengurusan Dekopi sendiri di Ketuai langsung oleh Menteri Pertanian periode 2004-2009, Anton Apriantono. Sebelumnya, Dekopi telah dideklarasikan di Yogyakarta pada akhir tahun 2017.

Menteri Amran dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya dengan kopi asli Indonesia yang sudah dikenal dan memiliki branding tersendiri di level dunia.

Hal tersebut telah dirasakannya ketika mengikuti pertemuan multilateral di Kolombia beberapa waktu silam. "Kami harus dorong bersama karena kopi kita lagi disenangi dunia, ke depan bila kita upayakan agar masuk urutan pertama produksi (kopi). Nah kuncinya adalah aspek kelembagaannya kita perbaiki, akses ke perbankannya dan supply chainnya juga kita perbaiki dan yang tidak kalah penting produktivitasnya harus kita angkat," jelas Amran.

Amran berharap bahwa organisasi Dekopi ini benar-benar mampu bersinergi dengan pemerintah agar mampu meningkatkan produksi kopi Indonesia serta mensejahterakan petani kopi itu sendiri.

Sebagai tindak lanjut, Kementerian Pertanian langsung memberikan bantuan berupa 11 juta batang pohon kopi untuk petani dan akan terus ditingkatkan di tahun depan.

Selain itu, Dekopi serta stakeholder yang terlibat akan dikumpulkan oleh Menteri Pertanian di bulan ini untuk merumuskan pengembangan kopi Indonesia.

Kementerian Pertanian tahun 2018 telah mencanangkan tahun perbenihan dimana pemerintah fokus kepada tanaman perkebunan yang mempunyai nilai ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News